4 Kesalahan Saat Pasang Pemanas Air Tenaga Surya

0
38
views
sumber: google.co.id

Dalam pemasangan pemanas air energi surya memang wajib dilaksanakan dengan benar. Tersebut ini karena kesalahan dalam pemasangannya dapat menyebabkan pemanas air energi solar yang kurang dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu ketika Anda berharap memasang pemanas air, lebih baik mengaplikasikan jasa dari teknisi yang sudah berpengalaman. Berikut yaitu sebagian kesalahan dari pemasangan pemanas air energi solar yang perlu Anda amati.

Kesalahan ketika pemasangan pemanas air energi surya

1.            Konstruksi bangunan

Untuk ukuran pemanas air energi solar di rumah Anda yang cukup besar, akan lebih baik kalau Anda memasang pemanas air tersebut di luar rumah. Secara untuk pemanas air dengan energi surya yang umumnya dipasang di atap rumah untuk mendapatkan sumber energi. Untuk itu pastikan kalau atap rumah yang Anda gunakan aman dan cukup kuat. Jangan hingga atap tersebut rusak atau tak dapat menahan muatan dari pemanas air tersebut.

2.            Koneksi sambungannya

Dalam memasang pemanas air energi matahari yaitu bagaimana sistem untuk menyalurkan air panas tersebut pada kamar mandi. Sistem yang dilaksanakan yaitu dengan mengaplikasikan sambungan pipa. Pipa dan juga pemanas tersebut akan disambungkan dengan mengaplikasikan solder.

Untuk pemasangan ini ada batas minimal yang dipakai antara pemanas air energi matahari dengan jarak dari solder tersebut. Tersebut ini karena kalau terlalu dekat maka tangki tersebut dapat saja terbakar atau leleh terlebih yang terbuat dari plastik.

3.            Menerapkan pemanas air ketika masih kosong

Menyalakan pemanas air energi solar memang dapat dipakai kapan saja. Akan tapi pastikan kalau pada tangki air tersebut terdapat air atau pastikan kalau sudah diisi dengan air. Kesalahan ini memang nampak sepele, cuma saja hal ini dapat menyebabkan kesalahan yang fatal.

Tangki air yang kosong dapat menyebabkan kebakaran pada pemanas karena tangki yang tak dapat menahan panas tersebut. Akhirnya pemanas Anda dapat saja rusak pun sebelum Anda menggunakannya.

4.            Kesalahan dalam pemasangan

Dikala Anda memasang solar water heater maka hal yang penting untuk diperhatikan yaitu arah pemasangannya. Dalam memasang pemanas air dengan energi surya maka penting untuk mengamati arah dari sinar matahari.

Tersebut ini karena solar water heater mengaplikasikan energi matahari untuk dapat memanaskan airnya. Oleh karena itu memasang pemanas air tersebut dengan arah yang pas akan menolong Anda untuk mendapatkan sinar matahari yang juga lebih maksimal.

Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan yaitu memasang pemanas air energi surya yang menghadap ke arah utara. Tersebut ini karena pasokan panas matahari akan lebih konstan ketika Anda mengaplikasikan arah ini.

 itu pastikan juga bahwa pemanas air energi surya tak terhalangi oleh pohon atau benda lainnya yang dapat menghalangi panas matahari tersebut untuk terserap pada panel surya.

Sumber: intisolarbandung.com