5 Pertimbangan Dalam Memasang Solar Water Heater

0
113
views
sumber: google.co.id

Pertimbangan dalam memasang solar water heater – Pengaplikasian mesin pemanas air dulu hanya dikerjakan oleh masyarakat di Wilayah Eropa. Hal ini sebab cuaca di beragam negara Eropa selalu dingin. Tapi dikala ini, mesin pemanas air juga sudah banyak digunakan di beragam negara tropis termasuk Indonesia. Khusus mandi atau mencuci dengan air panas memang memberikan banyak manfaat positif. Jadi, sekarang kian banyak masayarakat yang menggunakannya di rumah.
Pertimbangan dalam memasang solar water heater
Sebelum memakai pemanas air daya sang surya, observasi sebagian hal berikut:
• Spot keran
Hal pertama yang amat perlu diamati dan dipastikan dikala hendak memasang pemanas air dengan daya surya adalah lokasi titik keran. Biasanya titik air keran ada di dalam kamar mandi. Atau bila ditambah mungkin ada pula titik keran air panas di dapur atau wastafel. Tinggal dihitung saja ada berapa titik keran yang direncanakan. Dengan semacam itu, pengerjaan penghitungan kebutuhan pipa akan menjadi lebih mudah. Jikalau titik keran sudah diatur dengan pasti, maka persiapan pipa juga akan dikerjakan secara matang dan total.
• Jenis pipa
Hal kedua yang perlu diamati adalah tipe pipa yang akan digunakan dalam pengerjaan instalasi pemanas air daya surya. Karena berhubungan dengan suhu panas, maka amat perlu pipa dengan tipe material yang tepat. Salah satu tipe material yang tepat untuk digunakan pada mesin pemanas air daya surya adalah pipa dengan material PERT atau Polyethylene of Raised Temperature Resistance. Pipa tipe ini akan bisa bertahan lebih lama dan lebih awet hingga temperature 96 derajat celcius.
• Diameter pipa
Selain tipe material pipa, diameter pipa juga harus diamati sebelum melakukan instalasi pemanas air daya surya. Diameter pipa akan memberi pengaruh daya semburan serta kecepatan aliran air panas hingga ke keran penggunanya. Standar minimum diameter pipa untuk bathtub adalah 25 mm. Padahal pipa bak mandi, shower serta sink, diameter pipa standarnya adalah 15 mm.
• Jenis alat pemanas
Berikutnya tipe alat pemanas juga harus diamati dikala hendak memasang pemanas air daya solar. Terdapat dua tipe pemanas daya surya yang bisa digunakan dan bisa digunakan pantas kebutuhan. Kedua tipe itu adalah tipe terintegrasi dan tipe searah. Tapi untuk tipe searah, pipa yang dibutuhkan memang lebih panjang. Tapi untuk tipe ini, sanggup membikin air panas menjadi dingin kembali.
• aliran air pada pipa
Terakhir, amat perlu melihat penguasaan aliran air pada pipa sebelum memasang pemanas air dengan memanfaatkan sinar sang surya. aplikasikan berhenti keran di antara input dan output air panas. Dengan semacam itu, bila ada kemacetan atau situasi sulit tak perlu mematikan sumbernya.
Demikianlah penjelasan mengenai sebagian hal yang amat perlu diamati dikala hendak memakai pertimbangan dalam memasang solar water heater. Dengan melihat sebagian hal di atas, tentunya performa pemanas air daya surya akan menjadi lebih maksimal.

 

Sumber: intisolar.com