Jenis dan Tipe Aplikasi Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

0
1044
views
sumber: google.co.id

mengaplikasikan cara serta jenis kolektor yang bermacam jenis. Hal ini sangat perlu diperhatikan sebelum memastikan untuk memasang atau mengapliaksikan pemanas air tenaga matahari untuk kepentingan bisnis atau keperluan rumah tangga. Pemanas air tenaga surya didaulat sebagai pemanas yang jauh lebih aman dan hemat tenaga jika diperbandingkan dengan dua pesaingnya merupakan pemanas air tenaga listrik dan gas.
Aplikasi cara pemanas air tenaga surya
Daya sebuah pemanas air tenaga matahari sangat tergantung pada jenis dan kinerja kolektor. Kolektor memegang peranan penting sebab bertugas sebagai penampug serta penyerap sinar matahari untuk kemudian diolah untuk menjadikan air bersuhu panas atau hangat. Terdapat sebagian jenis aplikasi cara pemanas air tenaga matahari antara lain:
1. Peredaran langsung aktif
Jenis cara aplikasi yang pertama merupakan sirkulasi langsung aktif. Jenis atau jenis ini juga dikenal sebagai loop terbuka. Jenis kolektor ini sangat ideal digunakan pada Kawasan yang selalu terkena sinar matahari dan tidak memiliki cuaca dingin ekstrim yang menimbulkan salju hingga membeku.
Yang menjadi bagian utama pada cara ini antara lain kolektor, pompa dan tangki. Selain ketiga bagian terebut, juga terdapat kontroler yang berfungsi sebagai penyuplai tenaga ke pompa serta dapat meningkatkan suhu air yang akan ditampung ke dalam tangkai berisolasi.
2. Peredaran tidak langsung aktif
Selanjutnya ada cara sirkulasi tidak langsung aktif. Sistem kerja cara ini berbeda dengan sirkulasi langsung aktif. Pada pemanas air tenaga solar yang mengaplikasikan cara ini dan terdapat heat exchanger atau penukar panas yang akan mentransfer panas pada air dalam tangki penyimpanan. Sistem ini juga memerlukan pompa dengan jumlah yang disesuaikan dengan jenis penukar panas yang digunakan. Peredaran tidak langsung aktif juga dibekali dengan cara anti beku yang yang cakap mencegah pembekuaan pada suhu air yang sudah dipanaskan.
3. Sistem drainback
Kemudian terdapat pula cara drainback atau cara antibeku. Daya cara ini mengaplikasikan tangki khusus draiback yang dilengkapi dengan dua buah pompa serta kontroler sebagai pengaturnya.
4. Thermosyphon
Penerapan pemanas air juga dapat memanfaatkan cara aplikasi thermosyphon solar water heater yang merupakan cara paling pasif. Dikatakan pasif sebab cara ini tidak dilengkapi dengan kontroler. Melainkan tetaplah dilengkapi dnegan tangki dan kolektor yang dirangkai secara terpisah atau disatukan tergantung pada pelaksanaan instalasinya. Sistem ini jauh lebih beresiko atas terjadinya pebekuan jika diperbandingkan dengan cara air batch.
5. Pemanas air batch
Selanjutnya merupakan cara aplikasi air batch. Memang sudah sedikit disinggung bahwa cara ini jauh lebih jahil dibanding thermosyphon. Hal ini dikarenakan dilengkapi dengan tangki berbentuk silinder yang disimpan dalam kotak terisolasi dengan kaca pada bagian atasnya. Perembesan kolektor jenis ini sagatlah tangguh, bahkan pemanas air dengan cara air batch cakap bertahan hingga lebih dari 100 tahun.
Demikianlah ulasan lengkap mengenai bermacam jenis dan jenis aplikasi cara pemanas air tenaga surya. Penjelasan hal yang demikian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pemilihan dan penerapan jenis pemanas ini. Semoga informasi hal yang demikian bermanfaat!

 

Sumber: intisolar.com