Perbandingan Pemanas Air Tenaga Matahari, Listrik, AC, dan Gas

0
123
views
sumber: google.co.id

Ada banyak variasi pemanas air yang tersedia di pasaran yakni water heater bertenaga matahari/ surya, listrik, AC, serta gas. Dari situ Anda dapat memastikan mana yang ingin dibeli karena masing-masing punya kriteria dan karakteristik sendiri. Yang terutama jangan hanya memastikan dari segi kemudahan, melainkan juga tarif, keamanan, dan mana yang lebih efektif serta efisien dalam penggunaan.
Perbandingan pemanas air daya matahari, listrik, AC, dan Gas
1. Pemanas air bertenaga matahari/ surya
Tipe pemanas air paling hemat tarif dibandingkan yang lainnya karena sumber daya berasal dari cahaya matahari yang cuma-cuma. Ukuran tabungnya juga besar dan betul-betul pantas dipakai baik keperluan rumah tangga ataupun bisnis seperti hotel, Spa, apartemen, dan sebagainya. Kecuali itu, pemanas air daya surya ini lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan listrik dan gas yang notabene dapat menciptakan polusi udara. Belum lagi, bahan bakar gas yang makin dikuras habis.
2. Pemanas air bertenaga listrik
Ada 2 variasi pemanas air bertenaga listrik yang tersedia di pasaran yakni: dengan tabung reservoir dan non tabung reservoir. Biaya operasional pemanas air ini cukup tinggi, apalagi semakin besar tabung yang dipakai karenanya penggunaan listrik juga makin banyak. Kecuali itu harga per unitnya juga lumayan panas. Namun ketersediaan listrik akan senantiasa ada dan pemasangannya juga betul-betul mudah.
3. Pemanas air bertenaga gas
Harga per unit pemanas air variasi ini cukup murah, sayangnya apabila nanti di tengah-tengah mandi karenanya gas dapat sewaktu-waktu habis. Jadi terpaksa Anda mengaplikasikan air dingin. Kecuali itu, bahan bakar gas kurang ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan solar water heater. Di masa mendatang dan dalam bentang waktu panjang, daya gas juga makin lama makin habis karena over penggunaan.
4. Pemanas air bertenaga AC
Pemanas air yang memanfaatkan daya panas dari mesin outdoor AC yang dibelokkan ke dalam pipa tabung berisi air yang mengalir. Memang yakni teknologi terkini yang lebih hemat apabila dibandingkan dengan pemanas air bertenaga listrik serta gas. Pemanas air ini juga dapat dipasangkan untuk perhotelan, rumah, apartemen, perkantoran, dan lainnya.
Itu tadi beberapa variasi pemanas air yang dapat Anda pilih pantas keperluan serta budget yang ada. Lebih baik dalam memilih pemanas air, pertimbangkan jumlah member keluarganya terutama dulu. Jikalau jumlah member banyak, karenanya sebisa mungkin akan lebih baik mengaplikasikan pemanas air yang lebih hemat pengeluaran atau tarif. Contohnya yakni solar water heater.
Pemanas air daya matahari ini lebih hemat dari segi ekonomis karena daya matahari yang cuma-cuma. Kecuali itu, pemanas ini juga awet dan perawatannya betul-betul mudah. Anda tidak perlu bayar mahal dengan memasang variasi water heater tersebut.

 

Sumber: intisolar.com