Pulau Sempu Yang Butuh Perhatian

0
373
views
sumber: google.co.id

Ada banyak destinasi-destinasi tamasya alam yang ada di Indonesia yang mungkin tak ada habisnya untuk kita kunjungi. Salah satunya merupakan pulau sempu yang berlokasi di tempat Kabupaten Malang komponen selatan tepatnya di pantai Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, di Propinsi Jawa Timur. Objek tamasya ini berjarak sekitar 69 Km dari kota Malang jika anda memakai kendaraan pribadi. Sesudah kita hingga di Pantai Sendang biru, kita mesti menyewa sebuah perahu boat untuk hingga ke pulau sempu dengan biaya Rp150,000,00. Jangan lupa untuk menaruh nomor telepon pintar sang penjaga perahu, untuk menghubungi sekiranya anda mau kembali.
Mengapa pulau sempu ini dapat tenar di kalangan pelancong? Sebab disana terdapat danau di tengah – tengah pulau yang terwujud secara natural, dampak dari ombak pantai selatan yang masuk via celah-celah tebing yang mempunyai lubang di salah satu komponen dari pulau sempu. Itulah karena kenapa dapat terwujud danau, atau yang sering kali banyak orang ucap sebagai Laguna. Pulau sempu sendiri mempunyai pasir pantai yang cukup baik sebab pasirnya lembut dan cukup bersih.
Sulit Pulau Sempu
Sekarang pulau sempu sedang dilanda masalah, sebab sesungguhnya pulau sempu merupakan sebuah cagar alam yang tak diperuntukan sebagai sebuah daerah tamasya. Sekiranya itu untuk sebuah penelitian, barulah kita dapat masuk untuk mengerjakan amati dengan kepentingan tertentu. Disamping itu, situasi kian masalah saat kepentingan masyarakat untuk mencari penghasilan. Sebab masyarakat dipesisir menjadikannya sebagai mata pencaharian dengan salah satu caranya merupakan mengantarkan pelancong dari Pantai Sendang Biru hingga ke pulau sempu.
Kondisi menjadi semakin pelik, saat sekitar 2000 orang minta izin masuk ke wilayah cagar alam ini. Sebab banyaknya pelancong yang menjelang pulau sempu, dan rata – rata cuma mau bertamasya, bukan untuk mengoptimalkan cagar alam di pulau sempu. Hal ini memunculkan karena dampak yang mesti diterima. Sehingga wilayah di pulau sempu mengalami perubahan dengan banyaknya sampah yang berserakan, hingga jalan setapak yang kian melebar. Hal ini adalah sebuah perkembangan yang buruk bagi sebuah wilayah cagar alam yang semestinya diperuntukan untuk penanaman pohon dan lain sebagainya.
Sebab imbas yang cukup buruk, masyarakat bersama Badan Konservasi Sumber Tenaga Alam mengerjakan upaya sebagai pencegahan yang berkelanjutan dengan membersihkan tempat sekitar pulau sempu secara rutin. Tentunya mereka mengajak para pelancong yang berkunjung untuk lebih sadar dan peduli kepada lingkungan, dan bukan cuma pergi untuk mengotorinya. Sebab memang cukup susah mencegah pelancong untuk tak menjelang wilayah pulau sempu. Jadi marilah kita bertamasya sambil menjaga keseimbangan alam sekitar dengan tak melukai alam itu sendiri.

 

Sumber: hariliburnasional.com