Wisata Religi ke 8 Tempat Masjid Cheng Ho di Indonesia

0
54
views
sumber: google.co.id

Mesjid Cheng Ho di Indonesia tersebar di sebagian daerah di antaranya di Surabaya, Pasuruan, Palembang, Kartanegara dan Purbalingga. Lalu, kenapa dinamakan Mesjid Cheng Ho?
Asal mula ada seorang Laksamana Laut yang berasal dari Tiongkok bernama Cheng Ho. Ia ini juga komponen dari suku Hui adalah suku yang menganut agama Islam di Tiongkok. Sebab ia ialah tokoh yang juga berperan menyebarkan agama Islam di Indonesia, dibangun dan dinamakan mesjid hal yang demikian untuk mengenang jasanya.
Inilah pelbagai Mesjid Cheng Ho di Indonesia

  1. Mesjid Cheng Ho di Pasuruan
    Mesjid Cheng ho ini memiliki ciri khas dimana kubahnya tak berbentuk bulat melainkan bertingkat-tingkat. Bangunan luarnya kombinasi antara warna hijau dan warna merah yang mencirikan gaya kebudayaan Tiongkok. Meskipun peletakan batu pertama mesjid ini telah berlangsung semenjak lama adalah pada Mei 2004 yang diperankan oleh Kh. Abdurrahman Wahid. Tetapi dilegalkannya 4 tahun kemudian adalah pada Januari 2008 yang dikerjakan oleh Bupati masa itu bernama H. Jusbakir.
  2. Mesjid Cheng Ho di Kartanegara
    Meski ada sedikit perbedaan dari segi jasmaniah bangunannya, melainkan warna merah dan kuning pada dinding bangunan mesjid dan pagar halaman mesjid masih dipakai. Warna hijau berlokasi pada atap dan terdapat kubah kecil dengan atap yang bertingkat juga. Mesjid Laksamana Cheng Ho ini selesai dibangun pada 2007 dan dapat ditemukan di desa Batuah, Kutai Kartanegara.
  3. Mesjid Cheng Ho di Purbalingga
    Mesjid ini juga berbeda dari segi warnanya dimana di komponen pagar mesjid dipakai warna putih yang dipadukan dengan warna merah juga. Atapnya konsisten mempunyai ciri khas bertingkat dan warna khas kelentengnya konsisten ada. Daerah beribadah ini dibangun pada 2010 sampai selesai dalam bentang kurang lebih satu tahun.
  4. Mesjid Cheng Ho di Surabaya
    Mesjid Cheng Ho selanjutnya terletak di Surabaya yang permulaan dibangun pada tahun 2001. Mesjid ini dibagian atapnya bertingkat, untuk progres pembangunannya berlangsung 1 tahun sampai kemudian semuanya selesai pada 2002.
  5. Mesjid Cheng Ho di Batam
    Mesjid yang dibangun dan dihias dengan warna oriental yang cukup kuat ini mempunyai sedikit persamaan dengan mesjid Cheng Ho sebelumnya. Bangunannya konsisten dibangun seperti kelenteng komplit dengan warna merah menyalanya.
  6. Mesjid Cheng Ho di Palembang
    Obyek tamasya religi berikut ini berada di Palembang yang dibangun dengan dua lantai yang dapat memuat sekitar 600 jamaah. Lantai pertamanya dipakai untuk pihak laki-laki meski lantai kedua baru dimanfaatkan untuk beribadah jamaah perempuan.
    Bangunan fisiknya tentu ada perbedaan dengan sebagian mesjid Cheng Ho sebelumnya, melainkan ciri khas mesjid Cheng Ho bertingkat ini konsisten ada. Menara mesjid yang dibangun dihias dengan warna merah, hijau dan diwujudkan bertingkat.
  7. Mesjid Cheng Ho Gowa
    Mesjid yang selesai dibangun pada akhir tahun 2011 ini mulai dimanfaatkan pada bulan Ramadhon tahun 2012 dengan luas pelatarannya sekitar 3240 m persegi.
  8. Mesjid Cheng Ho di Banyuwangi
    Mesjid ini memiliki pesantren yang namanya juga memakai nama Cheng Ho. Inilah yang membikin mesjid ini terkesan berbeda dengan mesjid lainnya.
    Sekian tulisan mengenai 8 Mesjid Cheng Ho di Indonesia yang tersebar di sebagian tempat. Selamat mengunjungi.

Sumber: hariliburnasional.com