5 Jenis Sertifikat Kapal yang Penting Dimiliki Sebelum Berlayar

0
99
views
sumber: google.co.id

Akta kapal banyak sekali jenisnya. Tiap-tiap sertifikat menjelaskan isu yang berbeda-beda sehingga sebagai seorang pelaut mesti untuk mengetahuinya. Kian banyak sertifikat yang dimiliki oleh perkapalan tentunya membuat sebuah kapal sesuai untuk berlayar lebih jauh. Berikut sebagian model tipe sertifikat yang penting untuk dimiliki sebelum mengerjakan pelayaran.
Model tipe sertifikat kapal yang penting dimiliki

  1. SNPP, IOPP
    Akta pertama yang mesti dikenal ialah SNPP, IOPP. SNPP ialah sertifikat yang dimiliki saat kapal sudah mematuhi undang-undang ialah pencegahan pencemaran yang disebabkan olehnya. Sementara untuk IOPP didapat saat sebuah kapal terhindar dari kegiatan pencemaran minyak di lautan.
  2. Akta Pengawakan
    Dokumen izin kapal selanjutnya yang perlu dikenal ialah sertifikat pengawakan. Akta yang satu ini didapat oleh sebuah kapal kalau kondisi kapalnya memenuhi standar keamanan awak kapal yang menaikinya. Hal ini juga berhubungan dengan jumlah awak kapal lengkap dengan jabatan yang mesti ada di atas kapal.
  3. Akta DOC
    Untuk sertifikat yang satu ini dimiliki oleh kapal yang sudah memenuhi prasyarat dari perusahaan yang menerbitkannya. Akta ini berguna untuk kapal dalam berlayar dan juga perusahaan yang membuatnya.
  4. Akta SMC
    Akta selanjutnya yang juga mesti dikenal ialah SMC. Akta ini diterbitkan untuk perusahaan tentang kapal yang mempunyai ISM Code. Hal ini berhubungan dengan keselamatan dari izin layar kapal dari perusahaan yang bersangkutan. Sama halnya dengan DOC, SMC ini juga mesti dimiliki oleh keduanya sebagai dokumen penting.
  5. Akta Keselamatan
    Akta yang satu ini juga mesti dikenal oleh calon pelamar lowker pelaut. Jenisnya cukup banyak dengan definisi yang berbeda-beda. Akta keselamatan ini terbagi menjadi sebagian tipe meliputi keselamatan radio, konstruksi dan perlengkapan. Dalam sertifikat yang satu ini juga tercantum sebagian hal penting yang mesti dikenal.
    Adapun hal-hal yang menjadi syaratnya ialah sebagai berikut:
    • Kapal yang dimaksud sukses memenuhi undang-undang Undang-Undang yang sudah berlaku.
    • Kapal mempunyai perlengkapan tali yang memenuhi prasyarat layar.
    • Sarana dan prasarana mesti sesuai dengan fungsi keselamatan sesuai peraturannya.
    • Kapal juga mesti memenuhi konveksi dalam hal sarana dan prasarana dan juga pengaman kebakaran.
    Akta tentang keselamatan konstruksi barang kapal sebagai berikut:
    • Pemeriksaan yang sudah dilaksanakan pada kapal mesti memenuhi standar yang sudah ditetapkan sebelumnya. Semua mesti sesuai dengan apa yang sudah menjadi rujukan ukurannya.
    • Kapal yang dimaksud mesti diperiksa berdasarkan undang-undang yang berlaku.
    Akta mengenai keselamatan radio sebagai berikut:
    • Pemeriksaan yang dilaksanakan menunjukkan kapal yang dimaksud sudah memenuhi fungsi instalasi radio yang dimaksud. Kapal juga mesti memenuhi prasyarat instalasi radio yang sudah dipegang.
    • Kapal yang dimaksud juga diperiksa berdasarkan undang-undang yang memegangnya.
    Itulah sebagian hal berhubungan dengan tipe sertifikat kapal yang perlu dikenal oleh pelaut.

Sumber: jobpelaut.com