Kasus Keuangan Yang Bisa Diatasi Oleh Jasa Audit Perusahaan

0
40
views
sumber: google.co.id

Kebocoran dana di beraneka titik bisa mengurangi laba perusahaan. Sehingga bisnis susah berkembang imbas tak adanya dana yang cukup. Untuk itu lakukanlah audit forensik berkala , sehingga keuangan usaha sehat. Gunakan jasa audit perusahaan tersertifikasi sehingga alhasil memuaskan.
Mengenal Audit Forensik Perusahaan
Audit ialah pelaksanaan penyeimbangan situasi lapangan dengan kriteria yang ada. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan jalannya perusahaan layak dengan kaidah undang-undangnya. Untuk menghindari subyektifitas, karenanya cara kerjanya haruslah melibatkan orang di luar lingkup perusahaan.
Audit forensik ialah audit khusus yang menangani distribusi dana perusahaan, sehingga meminimalkan korupsi. Auditor forensik akan melakukan penyelidikan data dengan cermat. Sehingga didapatkan identifikasi data yang mengarah pada dugaan penipuan.
Kasus Keuangan Yang Dapat Diselesaikan Oleh Jasa Audit Perusahaan

  1. Pemerasan
    Seumpama pada kasus sebuah perusahaan minta uang agar kerja samanya disetujui. Pemerasan juga mungkin terjadi oleh oknum atasan terhadap bawahannya.
  2. Perselisihan kepentingan
    Seumpama kalau seorang atasan menyalahi kewenangan dengan memberi izin pembelian sejumlah barang untuk tujuan tertentu. Atau melakukan lobby dengan memakai uang perusahaan.
  3. Suap
    Seandainya oknum staff minta sejumlah uang terhadap pelanggan di luar ketetapan, karenanya bisa disebut penyuapan. Menjalankan ini tentu merugikan sebab merusak citra perusahaan.
  4. Pemalsuan laporan keuangan
    Laporan keuangan yang dipalsukan cuma untuk menutupi kerugian ialah tindakan ilegal. Data palsu ini menyebabkan pengambilan keputusan tak cermat layak kebutuhan. Pemalsuan ini wajib ditindak agar dokumen keuangan dijadikan dengan jujur dan terbuka.
  5. Aset yang disalah gunakan
    Kerap ditemukan pengaplikasian kendaraan beroda empat kantor untuk aktivitas pribadi di luar ketentuannya. Menjalankan ini bisa disebut sebagai penyalahgunaan aset. Menyebabkan pengeluaran-pengeluaran yang tak perlu. Sehingga menyebabkan sembabnya operasional.
    Prosedur Audit Forensik Untuk Menyelesaikan Beraneka Kasus Keuangan
  6. Perencanaan investigasi
    Seorang jasa audit keuangan terpercaya wajib memahami konsentrasi dari pelaksanaan auditnya. Menjalankan ini wajib disesuaikan dengan kebutuhan klien. Tim audit wajib terlebih dulu melakukan identifikasi seperti:
    • Berapa lama sangkaan terjadinya penipuan?
    • Apa saja tipe penipuannya?
    • Bagaimana sistem penipuan disembunyikan?
    • Siapa kira-kira pelaku penipuan?
    • Berapa kerugian yang diderita perusahaan?
    • Apa saja bukti relevan untuk pelaksanaan pengadilan?
    • Apa langkah-langkah pencegahan penipuan dikemudian hari?
  7. Pengumpulan bukti
    Auditor di akhir pelaksanaan audit, wajib memahami tipe kemungkinan kecurangan yang terjadi. Serta bagaimana hal itu bisa dilaksanakan. Tanggung jawab besarnya ialah mengumpulkan seluruh barang bukti. Berkas-berkas itu nantinya wajib relevan dengan kebutuhan pengadilan.
    Seorang jasa audit keuangan wajib mendokumentasikan kerugian financial, mengungkap rincian skema penipuan, serta menyebut pihak yang dirugikan. Tim audit juga wajib memastikan bukti-bukti tak hilang atau diubah oleh siapa malahan.
    Teknik yang biasa dipakai sebagai pengumpulan bukti ialah:
    • Prosedur analitikal
    Menganalisis perbandingan data terhadapa tren di waktu tertentu. Sehingga didapatkan data yang komprehensif di segmen yang berbeda.
    • Prosedur pengecekan komputer
    Mengaplikasikan data software komputer untuk melakukan pengecekan.
    • Teknik Subtansial
    Seumpama melakukan ulasan dokumen, pemulihan situasi, dan sebagainya.
  8. Laporan hasil
    Laporan yang ditemukan dipresentasikan terhadap klien. Data hal yang demikian berupa:
    • Kronologis kecurangan yang terjadi
    • Resume bukti
    • Kreatif investigasi
    • Solusi pencegahan kejadian terulang
    • Saran pengaturan internal
  9. Penyidangan
    Auditor forensik wajib hadir salama pelaksanaan jalannya sidang. Tim wajib menyuguhkan data keuangan yang rumit dengan sistem simpel. Menjalankan ini memudahkan pemahaman bagi biasa yang mengikuti persidangan.
    Gunakan audit forensik ialah langkah penting untuk menyehatkan keuangan perusahaan. Gunakan jasa audit perusahaan yang telah bersertifikasi, sehingga menjamin kualitasnya. dari klien sebelumnya juga bisa dijadikan patokan memilih tim terbaik.

Sumber: trusvation.com