Ragam Jenis Cacat Produk Moulding Plastik

0
80
views
sumber: google.co.id

Injection Moulding yaitu teknologi yang kerap kali diterapkan di industri polimer untuk mewujudkan bermacam ragam produk. Tapi tentunya pengerjaan ini tak senantiasa berjalan mulus di mana kadang-kadang ada saja cacat produk moulding plastik yang terjadi. Berikut ini yakni wujud-wujud kekeliruan produksi di pabrik plastik serta penyebabnya.
Cacat produk moulding plastik dampak salah pengerjaan cetak
• Sink mark
Cacat produk moulding plastik sink mark disebabkan oleh kekeliruan pengerjaan cetak yang mana terdapat kemunculan cekungan berupa ceruk pada permukaannya. Cekungan hal yang demikian bisa timbul sebab terjadi penyusutan komponen bagian yang tercetak.
Penyebab lainnya: temperatur leleh tinggi, waktu pendinginan atau bahkan pada ketika holding dan injection tekanan yang diberi terlalu rendah. Solusi untuk mencegahnya bisa dijalankan dengan menambahkan waktu cooling serta memperbesar tekanan.
• Burn mark
Efek burn mark timbul seperti bekas terbakar kehitaman di permukaan produk. Pada dasarnya daya kerja produk tak terlalu berdampak. Tapi akan menjadi permasalahan seandainya pemanasan terjadi melebihi tingkat degradasi materialnya.
Penyebabnya: temperatur leleh terlalu tinggi, menunda pembuangan udara pada mold, sampai desain metode runner yang kurang pas. Solusinya: pengurangan kecepatan injeksi, mereduksi metode mold cycle, menambah metode exhaust, serta mengurangi suhu cetakan.
• Flow lines
Flow lines yaitu cacat produk di mana munculnya garis halus pada permukaan produk yang sempit atau cekung. Flow lines umumnya mempunyai warna yang berbeda dibanding dengan permukaan lain. Meski secara daya kerja tak ada perubahan, tapi secara tampilan tentu hal ini akan sungguh-sungguh mengganggu.
Penyebab: kurangnya kecepatan serta tekanan injeksi, kecepatan pendinginan yang tak teratur, sampai suhu mold bertekan rendah.
Adapun solusinya merupakan: memperluas diameter nozzle, memakai hot runner atau kembali ke saluran utama. Metode lainnya dengan meningkatkan tekanan, kecepatan injeksi dan suhu material.
Cacat produk moulding plastik dampak kesalahan desain
• Short Shot
Cacat produk moulding plastik macam short shot timbul dampak material tak mengalir total memenuhi rongga cetakan. Sehingga saat produk didinginkan lalu dikeluarkan dari cetakan terdapat rongga seolah seperti habis terkupas.
Penyebabnya: viskositas tinggi, cetakan dalam situasi dingin sehingga mengurangi laju material, injeksi tak pas, serta adanya kantung udara dalam cetakan.
Solusinya: menambah temperatur dalam mold, memilih bahan dasar yang tipis, memperbesar ventilasi udara yang ada, sampai meningkatkan kecepatan penyuntikan material.
• Flash
Flash timbul di komponen ujung produk yang disebabkan adanya aliran bahan keluar cetakan. Penyebabnya merupakan desain cetakan tak pas, mold rusak, sampai ketidaktepatan ukuran clamping. Solusinya mendesain ulang cetakan, meningkatkan tekanan clamping, dan memutuskan ukuran exhaust yang lebih layak.
Meskipun mesin injeksi berisiko mewujudkan cacat produk moulding plastik, tapi hal hal yang demikian sesungguhnya konsisten dapat dicegah. Itulah pentingnya bagi sebuah pabrik untuk mengadakan uji coba secara khusus dulu bagus untuk cetakan sampai uji produksi. Dengan semacam itu risiko terciptanya produk di bawah standar dapat diminimalkan.