5 Jenis Sistem Pemanas Air Tenaga Surya di Pasaran

0
72
views
sumber: google.co.id

Dalam penggunaan pemanas air tenaga surya, ternyata ada juga beberapa jenis sistem yang digunakan. Jenis sistem akan menentukan cara air dingin dapat digunakan yang menjadi air panas. Beberapa jenis sistem juga akan membantu menjadi lebih mudah bagaimana air panas dapat digunakan.
Ketahui beberapa jenis sistem yang digunakan, tentu saja, akan membantu Anda memilih jenis pemanas yang paling cocok untuk Anda. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis sistem yang digunakan dalam pemanas air tenaga surya.
Jenis sistem di pemanas air tenaga surya.
• Sistem tidak aktif secara langsung.
Jenis sistem pertama adalah sistem aktif tidak langsung. Dalam komponen pemanas air energi surya ini, akan ada penukar panas atau penukar panas yang berguna untuk menyalurkan air panas di tangki penyimpanan. Selain itu, Anda juga membutuhkan pompa yang sesuai dengan jenis penukar panas. Bahkan sistem ini juga memiliki anti-beku yang akan mencegah pembekuan.
• Sistem sirkulasi langsung aktif.
Sistem ini juga disebut sistem loop terbuka. Sistem ini akan sangat cocok untuk digunakan di daerah yang memiliki cukup asupan surya dan cuaca ekstrem yang tidak berubah, seperti salju. Komponen utama yang digunakan dalam pemanas air surya ini hanyalah panel kolektor, tangki penyimpanan dan pompa. Selain itu, ada juga pengontrol yang berguna untuk memberikan energi ke pompa yang digunakan.
• Sistem Thermocipon.
Sistem ini tidak menggunakan pengontrol dalam komponennya. Bagian dari kolektor dan juga tangki akan dipasang secara terpisah. Sun panas yang telah dikumpulkan akan memanaskan air secara langsung dan kemudian air akan naik ke tangki penyimpanan. Sementara air dingin kembali ke panas. Sistem ini akan bekerja dengan cara ini terus menerus.
• Sistem drainase
Sistem ini juga disebut Sistem Pemanas Air Surya anti-beku. Dalam sistem ini, bagian tangki akan masuk ke dalam dua pompa. Di mana pengontrol juga akan diberikan pada pompa untuk mengkonfigurasinya untuk memfasilitasinya.
• Sistem Batch.
Dalam sistem ini menggunakan tangki berbentuk silinder. Tangki akan disimpan dalam kotak yang terbuat dari kaca di bagian atas. Pemanas air tenaga surya dengan sistem ini memiliki keunggulan yang cukup. Bahkan bisa bertahan hingga 100 tahun. Tentu saja, ini akan sangat menguntungkan untuk Anda gunakan.
Ada beberapa jenis sistem di pemanas air tenaga surya yang dapat Anda gunakan. Masing-masing sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pastikan untuk memilih pemanas air dengan sistem yang sesuai untuk digunakan di rumah Anda.

Oleh: intisolarbandung.com