5 Variasi Bahan Lapisan Bangunan Dengan Sandwich Panel

0
216
views
sumber: google.co.id

Ketika membangun sebuah rumah, sandwich panel dipakai sebagai material utama pembuatan atap dan dinding. Berbeda dari dinding beton, membangun dinding dengan panel ini tak memerlukan cara kerja panjang. Cukup rakit dan rekatkan panel karenanya dinding telah terwujud total. Apa yang membikin panel ini unik dan istimewa dari material lainnya?

Tipe-tipe bahan lapisan sandwich panel

Dinding beton terbuat dari cara kerja pengadukan semen, pasir dan sebagainya. Segera, apa material utama dari dinding panel? Apa bahan lapisannya lebih bagus dari dinding bata atau beton?

Untuk menjawab semua pertanyaan hal yang demikian, silakan Anda simak berita berikut:

1.         Wol Mineral

Adalah material terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah simpel atau rumah imut. Karakteristik terbaik dari wol mineral merupakan kecakapannya meredam bunyi dan panas. Mereka yang ada di dalam bangunan dinding panel wol mineral akan merasa nyaman dan aman sebab penguasaan temperatur yang sungguh-sungguh bagus.

2.         Fiberglass

Banyak orang yang mencari panel sandwich dari material ini sebab karakteristiknya yang sungguh-sungguh bagus dalam meredam bunyi. Kelebihan lainnya, fiberglass juga bendung kepada cahaya sang surya dan api. Meskipun demikian, material ini akan memberikan efek negatif jika dibangun di wilayah dengan temperatur lebih dari 400 derajat Celsius.

3.         Busa Poliuretan

Salah satu keunikan dari busa poliuretan adalah kekuatan bendung yang tak menurut pada keadaan lingkungan. Dinding panel dari material ini sungguh-sungguh awet sebab cakap membendung serangan binatang pengerat malah jamur. Material ini juga ramah lingkungan. Kecuali itu, juga mempunyai kecakapan yang sungguh-sungguh bagus untuk mengurangi perluasan api dikala terjadi kebakaran.

4.         Polypropylene

Menurut sebagian profile sandwich panel yang sudah digambarkan sebelumnya, polypropylene mempunyai karakteristik anti air. Terlebih curah hujan yang mengandung berjenis-jenis zat mineral termasuk garam (khusus lingkungan di sekitar pantai). Panel dari lapisan material ini juga berbeban ringan sehingga mempermudah profesi teknisi.

5.         Styrofoam

Anda mungkin telah sering kali memperhatikan barang-barang yang terbuat dari material Styrofoam. Material ini banyak dipasarkan di supermarket, minimarket malah pasar tradisional dalam wujud kotak makanan instan. Semua yang tahu bila Styrofoam juga dipakai untuk pembuatan dinding panel. Materialnya sungguh-sungguh unik dengan struktur sarang lebah sebagai ciri khasnya.

Daripada material yang diceritakan di atas ialah material insulasi yang lokasinya di komponen tengah panel. Sementara di lapisan eksternal panel, tipe material yang dipakai lebih kuat seperti baja galvanis, papan gypsum dan sebagainya. Itulah kenapa dinding panel juga mempunyai tenaga yang cukup bagus tak keok dari rumah berdinding bata atau beton.

Itulah berita singkat mengenai tipe-tipe lapisan insulasi dari dinding atau atap panel. Jenis rumah konvensional, material ini paling akrab dipakai untuk pembuatan bangunan modular.  bangunan yang memerlukan waktu singkat untuk menempuh tingkatan finishing.  Dengan pengaplikasian sandwich panel, rumah modular selesai lebih pesat.

Sumber: sanwaprefab.co.id