Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari DIY Sendiri

0
127
views
sumber: google.co.id

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk membuat pemanas air energi sang surya DIY sendiri. Sistem ini dapat digunakan sebagai pilihan yang pas bagi Anda yang mau lebih berkreasi. Cuma saja memang dibutuhkan waktu dan pemahaman yang cukup untuk membuatnya.
Sistem Membikin Pemanas Air Energi Sang DIY Sendiri

  1. Lakukan persiapan
    Untuk membuat pemanas air untuk spa ini membutuhkan sebagian bahan penting yang wajib disiapkan. Bahannya berupa pompa untuk mempermudah aliran air menuju bathub dan selang air warna hitam.
    Bahan-bahan ini memang gampang ditemukan dengan harga yang terjangkau. Jadi siapkan khususnya dulu dan pastikan ukurannya juga layak barulah dapat lanjut ke proses berikutnya.
  2. Pengerjaan eksekusi
    Dibandingi memakai pemanas air energi solar, membuat pemanas DIY secara mandiri memang membutuhkan ketelitian yang lebih baik. Langkah pertama yang dapat dikerjakan yaitu mengambil selang warna hitam dan menggulungnya.
    Gulungan yang dapat diwujudkan yaitu menyusun sebuah lingkaran dengan ukuran besar. Lingkaran ini nantinya diletakkan di atas drum atau meja besar. Selang ini wajib diletakkan di luar ruangan tujuannya agar menerima sinar dari sang surya.
    Lanjutkan dengan menjalankan penyambungan pada bagian pipanya. Sementara selangnya disambungkan ke arah bak mandi. Hal ini menyebabkan aliran air panas dari air dingin yang sudah dipanaskan oleh sang surya. Sehingga temperatur yang diwujudkan untuk airnya lebih layak dengan kehangatan yang pas.
  3. Waktu yang layak
    Untuk menerima panas yang maksimal Anda juga tidak dapat sembarangan menerima air panas. Dikarenakan energi yang digunakan yaitu sang surya hal ini juga disesuaikan dengan situasi teriknya.
    Disarankan untuk mencoba alat yang satu ini di jam siang seperti pukul 2 karena sedang panas-panasnya. Cuma saja cobalah untuk mendiamkan pipa dan slang sekitar 1 jaman agar airnya panas khususnya dulu.
    Sistem yang satu ini layak untuk Anda yang mau berkreasi membuat aliran air panas spa yang tidak dipungut bayaran. Tentunya tidak perlu membutuhkan gas atau aliran listrik sebagai pemanasnya.
  4. Pemanas air portable
    Kecuali untuk membuat pemanas surya Anda dapat membuat pemanas air portable. Untuk yang satu ini metode membuatnya yaitu air dingin ditampung khususnya dulu di dalam ban.
    Berikan lubang dan sambungkan dengan selang kemudian jemurlah penampung air ini di bawah terik sang surya yang panas sekitar 1 jam. Barulah dapat digunakan layak kebutuhan.
    Perlu dipahami bahwa untuk menerima air panas memakai metode tersebut tidak sesimple memakai pemanas air energi surya. Karena kalau memakai water heater Anda cuma perlu duduk manis untuk menunggu airnya mendidih dan siap digunakan.
    Dibandingi dengan metode-metode manual tersebut tetap lebih praktis memakai pemanas air energi sang surya. Kecuali volumenya yang lebih banyak pemanas air ini juga dapat menyimpan panas lebih baik. Karena itulah lebih baik untuk memasang water heater saja dibanding membuatnya sendiri.

Sumber: intisolar.com