Elemen Penting Pemasangan Pipa Solar Water Heater

0
182
views
sumber: google.co.id

Pemakaian solar water heater tidak hanya sebatas melaksanakan perawatan secara rutin saja. Tetapi dikala pemasangan juga seharusnya dilihat. Gunakan ini karena pemasangan dari pemanas air tenaga solar yang kurang ideal juga akan menyebabkan berjenis-jenis tipe keadaan sulit yang lainnya. Pun bisa saja sistemnya kurang bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Salah satu yang penting untuk dilihat ialah bagaimana metode pemasangan pipa yang benar.

Pipa pada solar water heater akan berkhasiat untuk menyalurkan air dingin dan air panas sehingga bisa Anda pakai. Jikalau pemasangannya yang salah karenanya bisa saja memunculkan beberapa keadaan sulit. Oleh karena itu berikut ialah beberapa hal yang seharusnya Anda observasi untuk pemasangan pipa.

Gunakan penting dikala pasang pipa solar water heater

1.            Memandang wujud kran dan pipa

Gunakan penting pertama yang seharusnya Anda observasi ialah bagian rinci-rinci untuk membuat rangkaian. Semisal mulai dari fitting tee, sambungan pipa, sok drat dan lainnya. Segala hal atau bagian tersebut memang seharusnya dilihat dengan baik, presisi, akurat dan juga ideal. Jikalau Anda tidak yakin dengan hasil atau rangkaiannya, akan lebih baik sekiranya Anda menyerahkannya pada ahlinya.

2.            Letak dari pemanas air tenaga matahari

Letak dari pemanas yang Anda pakai juga seharusnya dilihat dengan benar. Gunakan ini karena bisa mempengaruhi lancar tidaknya air panas tersebut akan keluar. Setidaknya letakkan pemanas air tenaga matahari pada bagian rumah yang gampang untuk dijangkau. Tujuannya sekiranya nantinya ada perbaikan, Anda ataupun teknisinya tidak akan kesulitan untuk menjangkaunya.

3.            Terpenting pipa khusus untuk air panas

Ada cukup banyak sekali tipe pipa yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Akan tetapi tidak semua tipe pipa tersebut cocok untuk diterapkan pada pemanas air tenaga solar. Pun pipa yang diterapkan untuk menyalurkan air panas.

Ada beberapa yang menyarankan untuk mengaplikasikan pipa tipe PVC karena pipa ini memang lebih bendung dan juga tebal. Atau Anda juga bisa mengaplikasikan pipa dengan bahan PERT yang memiliki ketahanan terhadap air panas hingga 95 derajat Celsius. Pun ada juga pipa tembaga yang khusus diterapkan untuk instalasi air panas.

4.            Sistem kran

Terakhir ialah menetapkan titik kran yang nantinya akan dilewati air panas dari pemanas air tenaga solar. Berikutnya untuk menjalankannya ialah dengan mencari titik yang terdekat antara keran dan juga tangki pemanas air. Tujuannya untuk menekan tarif pengeluaran pipa.  Anda juga akan lebih gampang untuk menetapkan jumlah pia, panjang pipa dan juga jumlah keran yang akan diterapkan.

 artikel mengenai hal yang perlu Anda observasi dikala memasang pipa untuk solar water heater. Semoga berkhasiat terlebih sekiranya Anda ingin pakai pemanas air solar.

Sumber: intisolarbandung.com