Fungsi Condenser AC Chiller dan Jenis Condensernya

0
109
views
sumber: google.co.id

Apa itu condenser AC chiller? Condenser chiller adalah serangkaian cara kerja cooling yang dalam pelaksanaannya terjadi dalam dua mekanisme. Pertama memanfaatkan chiller water dan selanjutnya DX coil. Selengkapnya mengenai fungsi condenser chiller simak di bawah ini.
Fungsi condenser AC chiller
Apa saja fungsi condenser chiller? Apakah perannya tak dapat digantikan dari item lainnya? Condenser adalah bagian unik yang berfungsi untuk merubah bentuk refrigeran dari mulanya berbentuk gas menjadi likuid.
Tahukah Anda, seandainya pada cara kerja pergerakan kompresor menuju condenser terdapat sebagian tipe kalor yang terwujud?
Setidaknya ada 4 tipe kalor yang terwujud dari cara kerja ini mencakup:
• Kalor yang dicerna dengan total oleh evaporator untuk menolong cara kerja penguapan cairan refrigeran
• Berikutnya merupakan panas yang diresapi guna mengurangi temperatur cairan refrigeran. Menjadi temperatur evaporating dari temperatur mulanya, temperatur condensing.
• Kalor yang difungsikan guna mengompresi gas yang diteruskan oleh evaporator.
• Dan terakhir merupakan kalor yang berada di silinder chamber sesudah cara kerja pengisapan maksimal.
Itulah sebagian jenjang pembentuk kalor pada cara AC chiller lebih tepatnya kesibukan yang terjadi pada condenser.
Macam condenser menurut cooling medium
Bicara mengenai condenser rasanya belum komplit seandainya tak membahas tipe-jenisnya. Diamati dari cooling mediumnya, condenser terbagi atas 3 kelompok mencakup:

  1. Water Cooled Condenser
    Yakni salah satu condenser yang paling kerap kali dipakai pada chiller. Supaya cara dapat berprofesi secara maksimal, perangkat memerlukan banyak air.
    Alasan utamanya sebab bagian ini berprofesi mendinginkan perangkat menerapkan air. Uniknya, air yang dipakai tak seharusnya senantiasa air baru. Pengguna dapat menerapkan air daur ulang menyesuaikan saja dengan keperluan mesinnya.
    Salah satu profit menerapkan condenser ini merupakan konsumsi kekuatan listrik yang minim. Pasca instalasi oleh jasa pemasangan chiller berakhir, Anda tak perlu direpotkan dengan tarif listrik yang membengkak. Umur kompresor ini juga terbilang betul-betul lama.
    Agar kompresor dapat dipakai secara maksimal, lakukan pemeliharaan rutin. Bagus secara mandiri ataupun menerapkan jasa servis profesional.
  2. Air Cooled Condenser
    Yakni condenser chiller yang mengutamakan udara sebagai bagian pendinginnya. Produsen pendingin udara biasanya memanfaatkan condenser ini untuk membikin perangkat pendingin rumah tangga. Sedangkan tak mustahil juga diterapkan oleh gedung perkantoran ataupun fasilitas komersil lainnya.
  3. Evaporative Condenser
    Kondenser ini mengolaborasikan water cooled condenser dan water tower untuk menjalankan fungsinya dengan bagus. Apa profit memanfaatkan condenser ini?
    Setidaknya mesin chiller berprofesi lebih ringan. Tak cuma itu saja, condenser ini juga hemat kekuatan dan ramah lingkungan.
    Dari ketiga tipe condenser yang sudah dibuktikan di atas, mana yang berdasarkan Anda paling baik dan menguntungkan? Masing-masing condenser mempunyai fungsi, tujuan dan konsep yang berjenis-jenis.
    Sebelum membeli chiller, silakan tanyakan tipe condenser apa yang ditanamkan pabrikan pada perangkat pendingin hal yang demikian. Makin dini Anda mengenal tipe condenser AC chiller yang diaplikasikan karenanya makin bagus.

Sumber: acwahana.com