Mandi Kucing Anti Berontak Bersama Water Heater Surya

0
63
views
sumber: google.co.id

Kucing termasuk hewan yang anti air. Sehingga untuk memandikannya membutuhkan usaha ekstra. Bagaimana tak? Kucing akan memberontak dan melarikan diri dikala memandang air. Namun memandikan kucing dengan water heater surya, terbukti dapat lebih mudah. Simak tips-kiatnya!
Begini aturan memandikan kucing yang benar

  1. Umur kucing
    Kucing baru dapat dimandikan dikala usianya 2bulan sampai 8minggu. Untuk usia kucing di bawah itu, sebaiknya hanya di lap memakai tissue berair. Hal ini untuk mencegah hipotermia pada bayi kucing. Karena pada dasarnya kucing tak menyukai air. Apalagi air dingin. Mereka sungguh-sungguh mudah menggigil.
  2. Jangka waktu
    Idealnya kucing dimandikan antara 4-6minggu sekali. Namun kembali lagi kepada kegiatan kucing sendiri. Kucing yang menyukai keluyuran ke luar tentu seharusnya lebih kerap kali mandi. Seperti juga seandainya bulu kucing lebih panjang, frekuensi mandi sebaiknya ditingkatkan.
  3. Air mandi
    Para pakar memberi anjuran untuk memandikan kucing dengan air hangat. Air dingin hanya akan membuatnya hipotermia. Hal ini tentu sungguh-sungguh buruk bagi kesehatan mereka.
    Pada dasarnya mereka benci air. Kucing akan memberontak seandainya mandi dengan air dingin. Karenanya dari itu, pasanglah pemanas air daya matahari untuk kucing kesayangan. Kucing akan lebih rileks dengan guyuran air hangat yang menenangkan.
  4. Potong kuku kucing
    Kucing melindungi diri dengan cakaran. Sehingga dikala mandi membuatnya terancam, ia akan mencakar. Untuk itu penting memotong kuku kucing sebelum dimandikan. Supaya cakarannya tak terlalu menyakiti kulit.
    Perlengkapan memandikan kucing
    • Baskom mandi
    • Gayung/semprotan
    • Handuk kucing
    • Sampo khusus kucing
    • Mainan unggulan kucing
    • Air hangat-hangat kuku dari pemanas air daya solar
    Prosedur kucing mandi anteng dengan water heater surya
  5. Waktu terbaik memandikan kucing ialah siang-petang hari. Karena temperatur udara sudah lebih hangat dibanding pagi atau malam.
  6. Pertama angkat kucing, kemudian basuh pelan dengan air hangat di baskom. Hindari area peka seperti alat pendengar dan mata. Usahakan area ini konsisten kering. Jangan segera menceburkannya ke dalam air, agar kucing tak kaget. Pada tahap ini, berikan kucing mainan kesayangannya agar kian rileks.
  7. Ambil sedikit sampo kucing, usapkan menyeluruh ke semua badan kucing. Ingat konsisten hindari area sensitifnya. Gunakan sampo dengan kandungan kondisioner agar bulu kucing halus. Seandainya berkutu, karenanya gunakan sampo anti kutu.
  8. Bilas kembali pelan dengan air hangat. Pastikan semua sisa sabun hanyut.
  9. Setelah selesai, segera keringkan dengan handuk. Dapat juga memakai hair dryer untuk mempercepat.
  10. Terakhir berikan kucing makanan kesukaannya. Biasanya kucing akan lapar sesudah selesai mandi. Sehingga makannya akan lebih lahap.
    Memandikan kucing memang disarankan memakai air hangat. Karenanya penting untuk memasang water heater surya di rumah. Dengan pemanas air ini, memandikan kucing tak perlu repot lagi. Menyiapkan sebaskom air hangat bahkan dapat lebih cepat dan hemat waktu.

Sumber: intisolarbandung.com