Mengenal Kelebihan Pendingin Water Cooled Chiller

0
84
views
sumber: google.co.id

Berdasarkan sistem pendinginannya, chiller terbagi menjadi dua yakni water cooled chiller dan air coller. Yang dimaksud dengan water cooler yakni pengerjaan pendinginan menggunakan air. Dengan unit bagian yang terpasang pada perangkat water chiller, perangkat ini cakap mewujudkan udara dingin hanya dengan mengolah air.
Apa itu water cooled chiller?
Istilah water cooler bukan istilah yang umum bagi masyarakat umum terutamanya yang tak mengistal AC di rumah atau daerah bisnis mereka. Walaupun sistem kerja ini menolong mendinginkan ruangan secara teratur dan fleksibel sepanjang hari. Sehingga udara yang terhirup di ruangan yakni udara sehat dan dingin.
Segera, bagaimana sistem kerja water cooler? Dan apa saja bagian yang menolong memaksimalkan fungsi perangkatnya?
Ketika perangkat dioperasikan, unit akan memerangkap udara di sekitar ruangan untuk dialirkan pada evaporator. Berikutnya udara akan dibuang ke kondensor hingga hingga ke cooling tower.
Agar lebih memahami sistem kerjanya, cari tahu terutamanya dulu fungsi dari cooling tower-nya berikut ini:

  1. Cooling Tower
    Perangkat mesin ini bekerja untuk mendinginkan air. Fungsinya hampir sama krusialnya seperti chiller pada AC sentral. Progres pendinginan air dilakukan dengan menghubungkan mesin secara seketika dengan udara menggunakan fan sebagai media utamanya.
  2. FCU
    AC water chiller menggunakan 3 pompa dan perangkat pendinginan yang kita ketahui sebagai fan coil unit (FCU) atau AHU. Ketika melakukan instalasi AC pada gedung bertingkat, jumlah FCU yang diaplikasikan cukup banyak. Sehingga pengerjaan pendinginan berjalan dengan lancar dan menyeluruh.
    FCU lebih banyak berfungsi sebagai AHU skala kecil yang jika diaplikasikan secara maksimal dapat mendinginkan ruangan dengan bagus. Melainkan dalam sebagian kasus, FCU juga banyak diaplikasikan masyarakat sebagai penghangat ruangan.
    Mengetahui kelebihan pendingin water – cooled
  3. Efisiensi tenaga
    Pada dasarnya, prinsip kerja pendingin water-cooled hampir sama dengan sirkulasi udara dingin. Kelebihannya, efisiensi pengaplikasian tenaga pada AC chiller berbasis air ini jauh lebih tinggi.
  4. Hemat ruangan
    Perangkat AC ini mempunyai ukuran yang jauh lebih sederhana, sederhana dan kecil dari perangkat AC lainnya. Ruang yang diperlukan untuk mengistal pendingin water –cooled tak terlalu luas. Selain itu, perangkat pendingin udara ini juga mudah untuk diinstalasi.
  5. Umur lebih lama
    Salah satu alasan kenapa banyak industri yang menginstal pendingin water-cooled karena produk ini mempunyai usia lebih panjang dari produk pendingin lainnya. Dengan perawatan prima dan daya kerja yang bagus, pendingin ini dapat bertahan hingga 20 tahun lamanya.
    Walaupun mempunyai sejumlah kelebihan di atas, pendingin water-cooled juga mempunyai sebagian kekurangan. Salah satunya dari segi perawatan, perawatan pendingin udara ini tak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Mesti dilakukan secara profesional oleh tenaga servis yang berpengalaman.
    Itulah sebagian hal menarik yang dapat disajikan perihal water cooled chiller, salah satu penyejuk udara yang paling banyak diaplikasikan di gedung bertingkat.

Sumber: acwahana.com