Solar Water Heater Perlu Dirawat Dengan Cara Ini

0
99
views
sumber: google.co.id

Seiring berkembangnya zaman sekarang pemakaian solar water heater bisa ditemukan dengan mudah di mana bahkan. Selain praktis, mengaplikasikan water heater di rumah tentunya jauh lebih efektif dan efisien, terlebih dalam mengatasi aktivitas rumah tangga. Sama seperti benda elektronik lain, water heater juga memerlukan perawatan supaya tak pesat rusak. Seketika, bagaimana metode merawatnya?
Cara merawat solar water heater di rumah

  1. Amati Kualitas Air yang Diterapkan
    Kualitas air yang diaplikasikan untuk masuk ke dalam tangki water heater haruslah dalam keadaan bersih, jernih, tak berwarna, dan tak berbau. Pun jika perlu tangki patut dilengkapi dengan distribusi media saringan air supaya kualitasnya lebih terjamin.
    Tidak cuma itu, air juga patut bebas dari partikel-partikel kecil seperti kerikil, pasir, batu, dan unsur-unsur kapur yang bisa menghalangi saluran air. Meskipun water heater telah dilengkapi dengan anoda magnesium, tetap saja unsur-unsur hal yang demikian berpotensi merusak perangkat water heater.
    Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memasang saringan atau saringan di bagian saluran. Dengan semacam itu partikel-partikel yang akan masuk ke dalam tangki akan tersaring dengan baik.
  2. Rutin Mengerjakan Pemeriksaan
    Tidak cuma melihat kualitas air, Anda juga patut mengerjakan pemeriksaan pemanas air energi surya minimal tiga bulan sekali. Supaya lebih efektif Anda patut memeriksa segala bagian mesin pemanas air. Mulai dari pengecekan bagian pipa fleksibel, switch off bagian listrik, dan periksa juga bagian kontrol safety valve.
    Tidak cuma memeriksa, Anda juga patut melihat objek lain yang akan mempengaruhi kualitas unit water heater. Dengan semacam itu pemakaian water heater di rumah bisa awet sampai puluhan tahun.
  3. Rutin Mengerjakan Pembersihan
    Selain memeriksa, water heater juga perlu dibersihkan minimal 3 bulan sekali atau tergantung dari penggunaannya. Kerja pembersihan water heater lazimnya dilaksanakan oleh teknisi spesialis supaya lebih maksimal.
    Komponen-bagian yang patut dibersihkan yaitu tangki penampungan pemanas air yang lazimnya terdapat banyak endapan. Tidak cuma itu, bagian luar seperti spare part dan unit listrik water heater juga patut dibersihkan supaya air di dalam tangki bebas dari endapan mineral korosi.
  4. Rutin Memeriksa Safety Valve
    Safety valve pada pemanas air energi solar mempunyai fungsi sebagai pengaman supaya tekanan air di dalam tangki tak berlebihan. Dengan semacam itu suhu air di dalam tangki akan tetap stabil secara terprogram . Supaya tangki tak tersumbat, Anda perlu memeriksa safety valve secara rutin dengan metode menaikkan tuas safety valve secara terprogram .
  5. Memasang Keamanan Ganda
    Jangan lupa untuk memasang keamanan ganda dengan metode menempatkan ELCB di jalanan instalasi listrik menuju unit water heater. Pemasangan ELCB ini bertujuan supaya pemanas terhindar dari kerusakan listrik seperti korsleting.
    tadi metode merawat solar water heater sendiri di rumah. Dengan mengerjakan perawatan secara rutin, dijamin pemakaian water heater di rumah akan jauh lebih lama dari yang diharapkan.