Tips Mudah Merawat Pemanas Air Tenaga Surya

0
230
views
sumber: google.co.id

Merawat pemanas air daya surya memang mudah-mudah sulit. Anda dapat memakai jasa servis untuk menolong Anda mengerjakan perawatan. Khususnya ini memang amat penting supaya pemanas air dapat bertahan lama atau awet dan tak mengalami kendala atau persoalan dikala diterapkan. Berikut merupakan sebagian kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengerjakan perawatan pada solar water heater.

Ikuti kiat merawat pemanas air daya surya ini

1.            Pastikan air yang diterapkan merupakan air bersih

Baiknya, air yang diterapkan untuk pemanas air bagus konvensional maupun pemanas air daya surya merupakan air yang baku. Air yang baku di sini berarti air hal yang demikian bersih dan tak mengandung pasir, batu, garam, lumpur maupun kapur. Khususnya ini dikarenakan air yang bersih dan tak dekil tak akan menyumbat saluran air. Melakukan lagi sekiranya pada pemanas hal yang demikian juga memakai tangki penampungan, hindari air yang dekil supaya tak merusak tangki.

Untuk pemanas air daya sang surya yang memakai tangki untuk menaruh air panasnya, usahakan untuk secara rutin mengecek kadar kapur yang ada pada air. Khususnya ini untuk menghindari tangki yang berkerak sekiranya kadar kapur pada air terlalu tinggi.

2.            Lakukan perawatan rutin

Penggunaan perawatan rutin untuk pemanas air daya sang surya juga amat diperlukan. Perawatan hal yang demikian dilaksanakan minimal sekitar satu tahun sekali. Anda dapat memakai jasa servis pemanas air yang berpengalaman untuk membersihkan bagian pada pemanas air hal yang demikian.

3.            Penggunaan penggantian magnesium anoda

Kecuali magnesium anoda dalam pemanas air sangatlah penting untuk menghilangkan kotoran yang mungkin ada di dalam bagian pemanas air. Bahkan magnesium anoda ini diletakkan di komponen air boiler, evaporator boiler, heat exchanger, dan bagian pemanas lainnya.

Kegunaan dari magnesium anoda ini merupakan untuk mendekontaminasi, melembutkan air sampai membikin ketahanan pemanas air Anda lebih awet dan bendung lama.  itu, magnesium anoda juga berkhasiat untuk melindungi bagian pemanas air dari karat dan korosi. Akan namun penerapan magnesium anoda ini tak dapat diterapkan seterusnya, oleh sebab itu diperlukan penggantian minimal selama 2 tahun sekali.

4.            Membersihkan semua sambungan

Pemanas air daya sang surya telah pasti memakai pipa yang berkhasiat untuk menyalurkan air dingin atau air panas dan menaruhnya di tangki penyimpanan. Pipa-pipa ini penting juga untuk dilaksanakan perawatan dan pengecekan. Khususnya ini berkhasiat untuk menghindari pipa yang mungkin bocor atau tersumbat oleh kotoran.  sekiranya perlu Anda dapat mengganti pipa hal yang demikian dengan yang baru jika telah ditemukan kerusakan seperti bocor dan lain sebagainya.

 tulisan mengenai kiat perawatan pemanas air daya surya yang mungkin berkhasiat untuk Anda. Lakukan sistem-sistem di atas supaya pemanas air jadi lebih awet dan tak gampang rusak.

Sumber: intisolar.com