6 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

0
203
views
sumber: google.co.id

Taman Nasional Tanjung Puting yaitu daerah konservasi untuk orang utan yang berada di Kalimantan Tengah. Kecuali itu daerah ini juga menjadi salah satu daerah konservasi orang utan terbesar didunia dengan populasi orang utan menempuh 40.000. Oleh sebab itu daerah ini menjadi salah satu destinasi tamasya yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Berikut yaitu 6 hal yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

Kesibukan menarik di Taman Nasional Tanjung Puting

1.            Mengetahui sejarah daerah konservasi

Sebelum memperhatikan-lihat kesibukan orang utan secara seketika, ada pantasnya Anda mengenal isu mengenai sejarah berdirinya Taman Nasional Tanjung Puting ini. Daerah konservasi ini diwujudkan tahun 1971 dan sudah menjadi daerah konservasi orang utan terbesar yang ada di dunia. Anda dapat menerima isu mengenai sejarah konservasi hal yang demikian di Camp Leaky dan pondok tanggui.

2.            Berkeliling dengan kapal klotok

Kapal klotok yaitu alat transportasi yang diaplikasikan oleh para pelancong yang hendak masuk ke dalam taman nasional ini. Dengan kapal menaiki kapal klotok Anda akan dibawa berkeliling melalui sungai Sekonyer. Kapal ini yaitu kapal tradisional yang ada di Kalimantan. Anda juga tak perlu khawatir sebab dalam kapal klotok ini mempunyai fasilitas yang cukup komplit seperti kamar mandi, zona makan malah daerah tidur.

3.            Memperhatikan kesibukan orang utan dan binatang liar lainnya

Salah satu tujuan utama dari tamasya ke taman nasional ini yaitu untuk memperhatikan secara seketika kesibukan orang utan di habitat aslinya. Daerah perlindungan Tanjung Puting di Kalimantan Tengah ini kecuali menjadi daerah konservasi orang utan, juga sebagai habitat autentik untuk binatang liar lainnya, seperti kucing hutan, kancil, bekantan, kera, babi hutan, dan sebagainya.

4.            Menelusuri desa Tanjung Keinginan

Di dekat atau yang masih dalam zona taman nasional Tanjung Puting terdapat sebuah desa bernama Tanjung Keinginan. Desa ini lokasinya bersebelahan dengan camp Tanjung Keinginan. Desa ini juga masih didiami oleh masyarakat dengan mata pencaharian sebagai nelayan atau pekerja kapal. Jadi Anda dapat mencoba untuk berjalan-jalan dan berkunjung ke desa ini untuk mengenal perihal kesibukan masyarakatnya.

5.            Mandi dengan air dari kali hitam

Kalau Anda mendengar namanya mungkin akan menyangka bahwa air di sini memang berwarna hitam. Akan tapi keunikan Tanjung Puting ini yaitu mempunyai air yang berwarna hitam kalau dipandang sekilas. Sebenarnya ini sebab warna hitam berasal dari akar tumbuhan yang tumbuh disisi sungai. Menikmati airnya konsisten bening, bersih dan tak berwarna.

6.            sunset di sungai Sekonyer

Sebenarnya terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu merasakan cantiknya sang surya terbenam di sungai Sekonyer. Apalagi kalau Anda menikmatinya sambil menaiki kapal klotok dan menelusuri sungai.

Nah, telah tahu kan kesibukan menarik apa saja yang dapat Anda lakukan selama ada di Taman Nasional Tanjung Puting? Cari tahu sendiri dikala tamasya ya!

Sumber: hariliburnasional.com