PENYEBAB LISTRIK TURUN SAAT MENYALAKAN AC DAN CARA MENGATASINYA

CARA MENGATASI LISTRIK TURUN SAAT MENYALAKAN AC

Kontraktor AC hadir ke tengah-tengah konsumen demi memenuhi kebutuhan instalasi dan service AC. Mayoritas pengguna AC di Indonesia memakai jasa kontraktor ketimbang melakukan instalasi dan perawatan sendiri. Hal ini dilaksanakan sebab lebih efisien dan cepat.

Dan salah satu masalah utama yang paling sering kali dikeluhkan oleh konsumen AC pada kontraktor adalah listrik turun sesaat sesudah AC dinyalakan. Sulit ini tentunya membuat pengguna AC merasa tak nyaman sebab tak bisa memakai AC dengan bebas.

PENYEBAB LISTRIK TURUN SETELAH MENYALAKAN AC :

Rupanya, ada beberapa alasan kenapa listrik bisa turun sesudah menyalakan AC. Jangan khawatir, sebelum Anda menghubungi jasa kontraktor, mari kita cari tahu penyebab yang mungkin terjadi pada AC Anda.

  1. Kapasitor lemah membuat listrik mengalami konsleting
    Salah satu penyebab listrik turun dampak menyalakan AC tak lain sebab kapasitornya lemah sehingga mengakibatkan korsleting listrik. Kapasitor berfungsi sebagai daerah penyimpanan arus listrik yang bekerja secara aktif demi melakukan mesin kompresor. Untuk menyelesaikan masalah ini, pengguna AC bisa mencoba mengganti kapasitor yang lemah dengan yang baru. Kapasitor yang baru akan bisa menyimpan arus listrik dengan bagus dan mencegah terjadinya korsleting. Tetapi, penting untuk diingat bahwa penggantian kapasitor sebaiknya dilaksanakan oleh kontraktor AC yang berpengalaman untuk memutuskan instalasi yang tepat dan keamanan listrik yang terjamin.
  2. Kabel Terkupas
    Ada banyak penyebab kabel terkupas, entah sebab gigitan tikus atau usianya yang telah terlalu tua. Sulit ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk yang tengah melakukan penyambungan kabel instalasi AC. Untuk menyelesaikan masalah ini, langkah pertama yang patut dilaksanakan adalah memeriksa keadaan kabel. Perhatikan apakah ada komponen kabel yang terkupas, terpenting di zona yang tersembunyi seperti di belakang AC atau di dinding.

Jika Anda menemukan kabel terkupas, langsung tindaklanjuti dengan menggantinya. Dengan mengganti kabel yang terkupas, Anda memutuskan bahwa listrik bisa mengalir dengan lancar dan AC bisa beroperasi dengan aman dan efisien. Jadi, seandainya Anda mengalami masalah listrik turun sesudah menyalakan AC, jangan lupa untuk memeriksa keadaan kabel dan menggantinya seandainya dibutuhkan.

  1. Tenaga Listrik Rendah
    Penyebab listrik turun yang banyak tak disadari oleh pengguna AC adalah kekuatan listrik rendah. Untuk menghindari masalah ini, penting untuk memilih AC dengan kapasitas listrik yang cocok dengan kekuatan listrik yang tersedia di rumah Anda. Jika kekuatan listrik di rumah Anda terbatas, pilihlah AC dengan kapasitas yang lebih rendah sehingga tak terjadi beban listrik yang berlebihan. Hal ini akan menjaga suplai listrik tetap stabil ketika Anda menyalakan AC.
    Agar tak terjadi di kemudian hari, pengguna disarankan untuk memilih AC dengan kapasitas listrik yang cocok ketika beli di retail AC.

Klik Link dibawah ini untuk membaca AC Gree hemat listrik :
https://acwahana.com/news/detil/perbedaan-ac-gree-inverter-dengan-ac-low-watt-dijamin-hemat-listrik

HAL YANG HARUS DILAKUKAN PADA AC KETIKA LISTRIK PADAM :

Saat listrik tiba-tiba padam, jangan panik! Berikut adalah beberapa perbuatan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga AC Anda tetap prima :
Mencabut Colokan AC : Pertama, cabut colokan AC dari listrik Anda. Jika perlu, beraneka kabel alat elektronik yang masih tertancap juga langsung Anda cabut.
Nyalakan Perangkat Elektronik Yang dibutuhkan : Langkah kedua, ketika listrik telah menyala kembali, maka nyalakan saja dahulu alat elektronik yang lain namun penting dipakai. Contohnya, lemari es, penghangat nasi, dan lampu. Jangan nyalakan AC terpenting dahulu.
Tunggu Listrik Stabil : Langkah ketiga, baru sesudah listrik telah menyala dan alirannya telah stabil, silahan nyalakan kembali AC Anda.

AC patut benar-benar dipastikan telah dimatikan sebelum Anda kembali menyalakan kembali listrik Anda. Penyebabnya adalah, tarikan pertama dari AC, termasuk AC hemat listrik, apalagi AC inverter, akan benar-benar besar. Jika aliran listrik belum stabil, maka hal hal yang demikian bisa membuat listrik akan kembali turun.

Klik link dibawah ini untuk membaca AC Daikin Inverter hemat kekuatan listrik :
https://acwahana.com/news/detil/daikin-ac-flash-inverter,-star-inverter-dan-premium-inverter

Bagaimana peran kontraktor AC untuk menyelesaikan masalah ini?
Peran kontraktor tentunya benar-benar dibutuhkan, terpenting seandainya penyebab listrik turun tak bisa ditemukan oleh pengguna sendiri. Kecuali tiga penyebab di atas, hakekatnya masih ada penyebab lain listrik turun ketika menyalakan AC seperti :

Tenaga ampera pada mesin kompresor benar-benar tinggi malahan melampaui batas optimal
Ampera yang ada pada panel MCB listrik kapasitasnya terlalu minim
Ampera pada panel MCB listrik kondisinya telah tak bagus atau telah terlalu lemah

Membeli AC adalah kebutuhan, banyak orang yang lebih memilih memasang satu unit AC di rumah ketimbang membeli barang elektronik lainnya. Sebab beda dari negara-negara di Eropa, Indonesia mempunyai musim panas yang benar-benar panjang.

Klik link untuk membaca perbandingan ac gree vs ac daikin mana yang lebih hemat listrik :
https://acwahana.com/news/detil/perbandingan-ac-gree-vs-ac-daikin.-mana-yang-lebih-hemat-listrik

Agar kabar menarik seputar penyebab listrik turun sesaat sesudah pengguna menyalakan penyejuk udara. Dan hubungannya dengan kontraktor AC profesional. Agar AC tak mengalami masalah secara berulang, pastikan lakukan perawatan secara teratur. Minimalnya, AC perlu diperiksa satu kali dalam 30 hari.

Untuk E-mail dan bantuan lebih lanjut bisa hubungi kami di WA, atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top